Menggunakan Form Validation Codeigniter 3

Kali ini blog saya kodeawal.blogspot.com memberikan tutorial cara menggunakan form validation pada codeigniter 3, untuk codeigniter 4 yang baru keluar saya masih belum mencoba menggunakannya, jadi disini saya akan membahasa untuk codeigniter versi 3 terlebih dahulu.

Sebelum kita lanjut pada tutorial cara menggunakan form validation pada codeigniter 3, untuk keseragaman maka kita menggunakan codeigniter 3.1.11, silahkan download pada website resmi codeigniter (klik disini). Setelah terdownload letakkan folder codeigniter tersebut di httdocs dan beri nama testing seperti pada gambar berikut :

Tutorial cara menggunakan form validation codeigniter 3
Beri nama folder testing

Jika sudah diletakkan pada folder httdocs, maka langkah selanjutnya adalah kita buat satu controller dengan nama Home.php pada folder controllers, seperti pada gambar dibawah ini :

Tutorial cara menggunakan form validation codeigniter 3
Letakkan Home.php pada folder controllers

dan isi kodenya seperti berikut ini :

Tutorial Cara Menggunakan Form Validation Codeigniter 3
function index

Lalu buat satu view dengan nama home.php pada folder view :






Lalu isi dengan kode seperti dibawah ini :

Tutorial Cara Menggunakan Form Validation Codeigniter 3


dan edit controller Home.php dengan menambahkan function validation di controller Home.php seperti pada gambar dibawah ini :


Demikianlah kode untuk validation, bila kita jalankan dan terjadi kesalahan validation maka tampilannya akan seperti berikut ini :



Sampai disini tutorial cara menggunakan form validation codeigniter 3, dan supaya tampilannya bagus dan rapi, maka kita bisa menggunakan bootstrap untuk mengubah tampilannya. Untuk tutorial kombinasi bootstrap dengan codeigniter akan saya buat pada postingan berikutnya. Jika ada kendala pada postingan ini, mari kita berdiskusi di kolom komentar dibawah. Harapan saya semoga artikel ini membantu. Terima kasih.


0 Response to "Menggunakan Form Validation Codeigniter 3"

Post a Comment

Silakan isi komentar anda disini...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel