Membuat Format Numeric (ribuan) pada column gridview devexpress vb.net

Pada kesempatan ini, saya mencoba berbagi cara untuk memformat angka numeric yang diambil dari database untuk ditampilkan pada gridview seperti pada gambar yang terlihat (1.200.000).

Biasanya saya menggunakan gridview bawaan vb.net, tapi kali ini saya menggunakan gridview dari devexpress sehingga langkah memformat numeric (ribuan) berbeda dengan cara memformat angka pada gridview bawaan vb.net.

Langsung saja pada cara pembuatannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini. Buka tampilan design yang sudah terpasang gridview, dan klik "Run Design" seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 Setelah anda klik "Run Design", maka akan terbuka jendela untuk mensetting properti gridview. Untuk format numeric ikuti pada gambar dibawah ini, dengan mengklik Columns -pilih kolom yang akan di setting (pada contoh kali ini, saya mensetting kolom total harga). Setelah itu cari "ColumnEdit". Untuk nilai awal, biasanya ColumnEdit bernilai "none", lalu pilih option yang ada disebelahnya hingga menampilkan daftar item devexpress, lalu pilih "TextEdit".


Setelah itu, silakan scroll kebawah lalu lihat "Display Format". Rubah nilai FormatType dengan "Numeric" dan FormatString dengan "n0". Terlihat seperti pada gambar dibawah ini.


Jika setting diatas telah selesai, maka silakan tutup jendela. (kebetulan disitu tidak ada tombol save karena otomatis tersimpan dengan sendirinya. Lalu jalankan gridview anda dan lihat hasilnya.

Happy coding... :D

Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan dibawah ini. Terima kasih, senang berbagi...

0 Response to "Membuat Format Numeric (ribuan) pada column gridview devexpress vb.net"

Post a Comment

Silakan isi komentar anda disini...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel